Minggu, 06 April 2008

SEJARAH AMBALAN KEN AROK - KEN DEDES

GERAKAN PRAMUKA
AMBALAN KEN AROK - KEN DEDES
GUGUS DEPAN 03.31 - 03.32
SMK NEGERI 4 JEMBER

Sejarah berdirinya Ambalan KEN AROK - KEN DEDES yaitu berbarengan dengan alih fungsi SPG ke SMEA yaitu, Pada tanggal 5 Juni 1989, lahirlah SK. Men P dan K No. 0342/9/1989 tentang alih fungsi tersebut. sebagai realisasi SK Mendikbud tentang alih fungsi tersebut diatas, maka mulai Tahun Pelajaran 1989/1990 SPG Negeri Jember tidak lagi menerima siswa kelas I. Siswa kelas I yang baru diterima sudah berstatus sebagai siswa SMEA Negeri 2 Jember dengan SK MENDIKBUD No. 0426/6/a/1991 Tanggal 15 Juli 1991. SMEA Negeri 2 Jember merupakan Sekolah Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen dengan Program Keahlian Akuntansi dan Manajemen kemudian pada Tahun Pelajaran 1997/1998 berubah nama menjadi SMK Negeri 4 Jember

SMK Negeri 4 Jember yang terletak pada lintasan Kota Kabupaten tepatnya di Jalan R.A. Kartini No. 1 Jember ( Depan Stasiun Radio Kartika/Belakang Kantor Bupati Jember )
Seiring dengan perubahan yang terjadi, demikian juga dengan Ambalan Ken Arok - Ken Dedes yang juga mengalami perubahan - perubahan. Dimulai dengan perpindahan SPG ke SMEA Ambalan Ken Arok - Ken Dedes berdiri. Sejak berdiri Gerakan Pramuka Ambalan Ken Arok - Ken Dedes mengikuti beberapa kegiatan yang diadakan oleh Kwarcab Jember. Pada tahun 1997 an Ambalan Ken Arok - Ken Dedes mengalami masa ke emasan yaitu adanya kawasan segitiga emas, yaitu SMEA 2 Jember, SMA 1 Jember dan Kwaran Mayang, yang dimana dalam setiap kegiatan selalu saling mengisi kekurangan kelebihan masing - masing.

Sejak itu Gerakan Pramuka Ambalan Ken Arok - Ken Dedes menjadi terkenal maju akan teori tentang gerakan pramuka. Namun seiring perkembangan jaman Pramuka di Kabupaten Jember mengalami kemunduran, demikian juga dengan Ambalan Ken arok - Ken Dedes. Namun dengan semangat yang ada, IKAMAPRA (Ikatan Alumni Pramuka) Ambalan Ken Arok - Ken Dedes ingin mengembalikan kembali masa - masa tersebut. dan perkembangan Gerakan Pramuka Ambalan Ken arok - Ken Dedes mulai bangkit dan tetap eksis dalam kegiatan di Kwarcab Jember sampai dengan saat ini.


Tidak ada komentar: