Jumat, 01 Mei 2009

PRAMUKA PENUHI ALUN - ALUN KOTA JEMBER


2008 Agustus 15



JEMBER- Tidak seperti biasanya dalam peringatan Hari Pramuka ke 47, Kamis (14/8) kemarin. Selain dihadiri 1.500 penggalang se Jember, juga dihadiri penggalang dari luar kota.
Pramuka penggalang itu berasal dari Kabupaten Mojokerto, Menado, Pasuruan, dan Sidoarjo.
Peserta upacara dari luar kota berjumlah 7 orang itu selain mengikuti upacara Pramuka pada tanggal 23 Agustus 2008 akan ikut Tajemtra dan melihat BBJ di Jember.

Setelah mengikuti upacara seharian penuh dan berbagai tampilan organisasi pramuka peserta yang kebanyakan para penyandang cacat, berkesempatan untuk foto bersama Bupati Jember MZA Djalal.
Salah satu peserta upacara dari Manado yang menyandang tuna wicara berkomunikasi dengan Kadiknas Jember memperagakan jempolnya.
“Dia mengungkapkan dari penampilan penggalang dari peserta penyandang cacat tadi menyatakan jempolnya terhadap Jember,” tukasnya.
Sementara itu Bupati MZA Djalal sesaat setelah berfoto bersama para penyandang cacat dari berbagai kota itu mengatakan bahwa Jember mulai terkenal di mana-mana.
“Selamat datang di Jember dan terima kasih mau berkunjung ke Jember,” ujarnya.
Sedang dalam sambutan Hari Pramuka ke 47 Bupati Jember mengatakan ucapan Selamat Hari Pramuka ke 47 kepada keluarga besar Gerakan Pramuka di tanah air.
Sejak dicanangkannya revitalisasi Gerakan Pramuka sebagai pilar pendidikan kaum muda oleh Presiden RI tahun 2000 lalu berbagai pihak menyadari pentingnya peranan Gerakan Pramuka dalam pembinaan generasi muda.
“Ke depan, banyak masalah kebangsaan dihadapi kaum muda. Dengan semangat kebangsaan tinggi maka persatuan dan kesatuan Indonesia, bisa dipertahankan,” ujarnya.
Peranan Gerakan Pramuka sendiri dalam membina kaum muda sangat signifikan terkait semangat kebangsaan, persatuan dan kesatuan Indonesia, serta bela Negara.
“Itu ditandai berdirinya Budi Oetomo tahun 1908, dan munculnya persatuan dan kesatuan Indonesia, untuk bertekad membela Negara. Kini kita ambil tema “Dengan Semangat Kebangkitan Nasional, Kita Pacu Perkembangan Gerakan Pramuka” ujarnya.
Sambutan yang dibacakan Ka Kuarnas Prof. Dr. H. Azrul Azwar, MPH ada 7 (tujuh) sasaran pokok yang ingin dicapai Pramuka yakni Perkuat Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa; Raih keberhasilan melalui kerja keras, secara cerdas dan ikhlas; Ajak kaum muda meningkatkan semangat bela Negara; Mantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan; Utamakan kepentingan bangsa dan Negara di atas segalanya; Kokohkan persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia; Amalkan Satya dan Darma Pramuka. kim

Tidak ada komentar: